GRESIK

14 May 2012

Peci, Kopiah, Songkok Aljabar

Menurut catatan dari Tiongkok,

Gresik didirikan pada abad ke-14 oleh seorang Tionghoa,

Pada abad ke-11,Gresik merupakan pusat perdagangan yang banyak dikunjungi oleh berbagai bangsa seperti: Cina, Arab, dan Gujarat. Pelabuhan Gresik menjadi salah satu tempat persinggahan kapal-kapal dari Maluku menuju Sumatera dan daratan Asia (termasuk India dan Persia). Hal ini berlanjut hingga era VOC. Di abad ke-15, Gresik menjadi pelabuhan dagang internasional yang besar.

Pada era VOC, Gresik terdiri dari Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Sedayu. Kota Gresik berada pada jalur utama jalan pos Daendels. Perkembangan kota Surabaya yang pesat sehingga memaksa dihapuskannya Kabupaten Gresik dan bergabung dengan Kabupaten Surabaya pada tahun 1934.

Pada awal Kemerdekaan Indonesia, Gresik hanya sebuah kecamatan di bawah Kabupaten Surabaya karena perkembangan perekonomian Gresik yang belum pesat, sehingga pada waktu itu, memaksa Gresik menjadi kawedanan kabupaten Surabaya. Namun, setelah didirikannya Pabrik Semen Gresik pada tahun 1953 merupakan titik awal industrialisasi di Gresik dan perkembangan ekonomi Gresik semakin meningkat. Pada tahun 1974, status Kabupaten Surabaya dihapus dan sebagai penggantinya adalah Kabupaten Gresik, dengan bupati pertama H. Soeflan. Kawasan permukiman pun semakin melebar, dan bahkan pusat pemerintahan dipindahkan ke Kawasan Bunder. Hingga saat ini Gresik menjadi Kabupaten yang berdiri sendiri.
share


TAGS peci songkok gresik info gresik kota gresik songkok aljabar peci muslim kopiah hitam songkok online peci aljabar peci murah surabaya


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post